Penulis : Ardli Swardana, S.P., M.Si

Masyarakat begitu antusias dalam menyambut acara webinar Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Garut yang akan diselenggarakan secara daring (online) pada tanggal 3 Agustus 2020. Acara ini merupakan salah satu rangkaian dari acara webinar yang diselenggarakan oleh Fakultas Pertanian, Universitas Garut sejak 1 Juli 2020.

Antusiasme masyarakat terlihat dari banyaknya masyarakat yang mendaftar dalam acara webinar ini. Hingga saat ini jumlah peserta yang telah mendaftar dalam acara ini sejumlah 1250 peserta dimana peserta berasal dari seluruh Indonesia. Pendaftaran telah dibuka sejak 14 Juli 2020 dan hingga saat ini masih terdapat kenaikan jumlah peserta setiap harinya.

Tema yang diangkat dalam acara ini adalah Urban Farming : Alternatif Solusi Ketahanan Pangan Keluarga selama Pandemi Covid-19. Tema ini menarik untuk diulas karena merupakan solusi dalam pemanfaatan lahan dalam kegiatan pertanian di masa pandemi Covid-19 ini. Dengan adanya Covid-19, tidak menyurutkan kegiatan-kegiatan ilmiah tetap dilakukan. Semenjak adanya pandemi Covid-19, banyak sekali kegiatan-kegiatan webinar yang dilakukan oleh instansi-instansi yang mengangkat isu-isu tentang kesehatan, pertanian, teknologi, dan lain sebagianya. Konsep acara yang berbentuk webinar ini mempunyai kelebihan dimana peserta dapat berasal dari seluruh Indonesia bahkan dari luar negeri karena dinilai lebih praktis dari segi tempat maupun ekonomi.

Pada acara webinar ini, Prodi Agroteknologi menghadirkan pembicara-pembicara yang kompeten di bidang urban farming, yaitu Bapak Muhammad Khudori, S.P. yang merupakan direktur utama PT. Horti Agro Makro dan Bapak Dadang Supriyadi, S.Pd yang merupakan pendiri Komunitas Hidroponik Garut dan owner Dadang Farm Hidroponik. Adapun yang menjadi moderator dalam acara ini adalah Kepala Prodi Agroteknologi, Faperta, Unversitas Garut, yaitu Ibu Siti Syarah Maesyaroh,S.P., M.P. yang juga berkompeten dalam bidang hama tanaman dan pestisida.

Mengingat pentingnya urban farming yang dapat dilakukan di masa pandemi ini, acara webinar ini memberikan wawasan dan pengetahuan yang baik terhadap model pertanian di perkotaan maupun lahan yang sempit. Selain itu, acara ini juga dapat menambah relasi atau jejaring  lingkup keilmuan bidang pertanian.

‚ÄúDilihat dari antusiasme masyarakat yang tinggi dalam menyambut acara webinar Prodi Agroteknologi ini, Saya pribadi beserta civitas akademika Fakultas Pertanian Universitas Garut mengucapkan terima kasih banyak kepada masyarakat Indonesia dari Sabang-Merauke yang sudah antusias mengikuti webinar Prodi Agroteknologi ini. Semoga webinar nanti menambah wawasan serta bermanfaat bagi masyarakat dalam memajukan bidang pertanian” Ungkap Syarah. Selanjutnya, bagi masyarakat yang  belum mendaftar dan berkeinginan untuk berpartisipasi dalam acara ini, dapat mendaftar dengan mengisi form pendaftaran di google form melalui tautan https://bit.ly/WebinarAgroteknologiFapertaUniga.